www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Geo-Ekskursi MAIPARK di Manado Edukasi Pentingnya Pemahaman Risiko Bencana Alam ke Mitra Asuransi

Posted by On 11.08

Geo-Ekskursi MAIPARK di Manado Edukasi Pentingnya Pemahaman Risiko Bencana Alam ke Mitra Asuransi

Geo-Ekskursi MAIPARK di Manado Edukasi Pentingnya Pemahaman Risiko Bencana Alam ke Mitra Asuransi

Geo-ekskursi merupakan gabungan seminar, kuliah lapangan dan observasi langsung mengenai ilmu kebumian dan risiko bencana alam.

Geo-Ekskursi MAIPARK di Manado Edukasi Pentingnya Pemahaman Risiko Bencana Alam ke Mitra AsuransiTRIBUN MANADO/NURJANAHReasuransi MAIPARK menggelar Geo-Ekskursi di Manado, 21-23 Oktober 2017. Kegiatan ini merupakan gabungan seminar dan kuliah lapangan tentang potensi dan risiko bencana bagi perwakilan perusahaan asuransi umum.

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PT Reasuransi Maiskapai Asuransi Indone sia (MAI) dan Perusahaan Asuransi Risiko Khusus (PARK) atau MAIPARK menggelar geo-ekskursi di Manado, Sabtu-Senin (21-23/10/2017).

Geo-ekskursi merupakan gabungan seminar, kuliah lapangan dan observasi langsung mengenai ilmu kebumian dan risiko bencana alam.

Mengambil tema 'Kota di Atas Gunung Api,' geo-ekskursi tahun ini melibatkan karyawan MAIPARK, perusahaan asuransi, reasuransi umum, masyaraka dan media.

Direktur Reasuransi MAIPARK Indonesia, Bisma Subrata mengatakan, Manado dipilih karena berada di daerah yang dilewati cincin api dan merupakan pertemuan beberapa patahan besar (sesar).

"Sehingga peserta bisa mengeksplorasi observasi langsung di lapangan," ujar Bisma di sela Geo-ekskursi di Hotel Aryaduta Manado, Sabtu (21/10/2017).

Geo-ekskursi diharapkan bisa meningkatkan kesadaran sekaligus pemahaman peserta terkait kondisi geografi, potensi dan risiko bencana. Sehingga dapat menambah mitigasi dari ceding companies mengena i risiko gempabumi, longsor, gunung meletus, banjir dan tsunami.

Para pemateri seminar di hari pertama ialah Dr Budi Brahmantyo dari ITB yang memaparkan kondisi geografi dan geologi Indonesia yang sangat rentan bencana.

"Indonesia punya begitu banyak gunung api aktif. Tak hanya di daratan, di lautan pun ada gunung api aktif. Ini semua potensi bencana gempa bumi dan tsunami," katanya.

Seiring dengan Budi, Kepala BPBD Sulut Ir Noldy W.D. Liow yang mengulas gambaran umum geologi dan morfologi Manado dan sekitarnya. Sulut sendiri punya beberapa gunung api aktiv. "Misalnya Gunung Soputan di Minsel--Mitra dan Minahasa, Lokon dan Mahawu di Tomohon, lalu ada Karangetang yang sangat aktiv di Pulau Siau, Kepulauan Sitaro," urainya.

Peserta dilibatkan dalam seminar dalam ruangan di Hotel Aryaduta Manado dan kuliah lapangan. Peserta juga melakukan geovisitt ke Gunung Lokon, Gunung Mahawu, Danau Linouw dan Danau Tondano.

Sedangkan. Deputi Di rektur MAIPARK Heddy A. Pritasa menambahkan, Geo-ekskursi di Manado merupakan edisi kesembilan tahun ini. Kegiatan yang digelar sejak tahun 2009 ini merupakan wujud komitmen MAIPARK kepada industri asuransi dan masyarakat untuk turut aktif meningkatkan kesadaran akan risiko bencana.

"Musibah itu bisa kapan datang saja. Kerugian yang ditimbulkan akibat bencana tak sedikit. Dengan adanya asuransi, bisa mengurasi atau meringankan kerugian dampak bencana," katanya.

Kata Heddy, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pemahaman pentingya kesadaran risiko bencana. Baik di kalangan perusahaan asuransi maupun masyatakat umum. "Mungkin Manado yang terakhir tahun ini. Kedepan kita pasti laksanakan tapi belum tahu di mana. Mungkin kita minta pendapat perwakilan asuransi, mereka maunya di mana," ujar Heddy

Penulis: Fernando_Lumowa Editor: Fernando_Lumowa Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Pemangku Merajapati di Bali Tepergok Mesum dengan Istri Orang, Lari Terbirit-birit tanpa Busana Sumber: Tribun Manado

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »