GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Kasus Ibu dan Bayi Meninggal di RSUD Kotamobagu, Sekda Kotamobagu Minta Maaf

Kasus Ibu dan Bayi Meninggal di RSUD Kotamobagu, Sekda Kotamobagu Minta Maaf

Kasus Ibu dan Bayi Meninggal di RSUD Kotamobagu, Sekda Kotamobagu Minta Maaf Wakil Walikota Kotamobagu Jainuddin Damopolii geram dengan pelayanan keseh…

Kasus Ibu dan Bayi Meninggal di RSUD Kotamobagu, Sekda Kotamobagu Minta Maaf

Kasus Ibu dan Bayi Meninggal di RSUD Kotamobagu, Sekda Kotamobagu Minta Maaf

Wakil Walikota Kotamobagu Jainuddin Damopolii geram dengan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu

Kasus Ibu dan Bayi Meninggal di RSUD Kotamobagu, Sekda Kotamobagu Minta MaafTRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGIAdnan Massinae (kemeja putih)

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Wakil Walikota Kotamobagu Jainuddin Damopolii geram dengan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, terus mendapat keluhan warga. Apalagi pada Sabtu (28/10) lalu seorang ibu dan bayi dalam kandungan meninggal saat hendak bersalin.

"Jangan kecewakan p asien," kata Jainuddin saat dihubungi di luar Kotamobagu, Selasa kemarin.

Menurutnya kejadian seperti ini sudah kedua kalinya terjadi, dia selaku pimpinan kota sudah mengingatkan agar jangan terjadi namun masih saja terjadi. Papa Ed sapaan meminta kepada seluruh jajaran RSUD untuk melayani pasien sesuai kemampuan yang dimiliki. "Utamakan dulu keselamatan pasien baru yang lain!" tukasnya.

Di tempat terpisah Sekretaris Kota Kotamobagu Adnan Massinae menilai kejadian ini oleh masyarakat dinilai berbeda karena setiap warga Kotamobagu punya pendapat masing-masing.

"Atas nama pemerintah Kota Kotamobagu memohon maaf atas kejadian tersebut," kata Adnan saat berada di rumah dinas walikota Kotamobagu, Selasa (31/10).

Menurutnya apa yang dilakukan pihak rumah sakit sudah berusaha secara sistem dan lembaga berikan layanan terbaik kepada masyarakat, namun sebagai manusia biasa ada kekhilafan dan kesalahan tak dipungkiri akan diupayakan dipe rbaiki terus menerus.

"Kasus ini akan dijadikan alat referensi untuk bahan evaluasi bagi pimpinan dan seluruh pejabat di rumah sakit serta dinas kesehatan agar diperbaiki," janjinya.

Pihaknya sudah menerima laporan dari direktur RSUD Kotamobagu di Pobundayan Wahdania Mentang atas peristiwa itu, dalam laporan itu juga pihak rumah sakit katakan sudah melakukan pelayanan. Mengenai jeda waktu saat menerima pasien tidak langsung dilakukan tindakan.

"Yang dilakukan adalah pertolong pertama menanyai dan menangani sejauh mana kondisi pasien sesuai protap. Untuk bahasa-bahasa yang tidak bagus akan kami bina dan bimbing karena dalam tangani pasien butuh cara khusus beda dengan pasien pada umumnya apalagi dalam kondisi kritis," kata dia.

Dengan kejadian ini pemerintah Kotamobagu tidak tinggal diam, akan terus dilakukan pembinaan dan peningkatan pelayanan di sektor kesehatan. Pihak rumah sakit juga kata sekda, sudah melayangkan permohonan maafnya atas peristiwa itu.

Sementara itu dikonfirmasi, dr Elvina Kartika Ayu yang bertugas menangani korban saat kejadian mengatakan, semua prosedur persiapan operasi sudah sesuai prosedur, mulai dari pasien masuk sampai persiapan operasi. "Persiapan operasi dua jam," kata Ayu singkat mengakhiri wawancara.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu dr Haris Mongilong seperti enggan menanggapi masalah ini, di hubungi Tribun Manado Selasa pagi menyatakan sedang rapat di kantor walikota. "Nanti siang jo habis makan siang di kantor dinas kesehatan," ucap Haris.

Siang harinya saat disambangi ke kantornya, Haris tidak ada. Upaya konfirmasi dilakukan melalui sambungan telepon baru terhubungi malam hari. "Maaf tadi siang, saya kembali dipanggil rapat. Dalam rapat itu dibahas mengenai kasus itu, mulai dari kronologi dan lainnya," ujar Haris.

Lebih lanjut, Haris tak bisa memberikan keterangan dengan alasan sedang melaksanakan pra ktik kedokteran. "Nanti sebantar ne abis praktik," tukasnya mengakhirnya upaya konfirmasi.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere Editor: Andrew_Pattymahu Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Begini Penampakan 'Surga Dunia' Hotel Alexis Sumber: Tribun Manado

Tidak ada komentar