Pujian Jokowi untuk Menteri Susi dan jumlah nelayan RI yang terus ...

Pujian Jokowi untuk Menteri Susi dan jumlah nelayan RI yang terus ... ...

Pujian Jokowi untuk Menteri Susi dan jumlah nelayan RI yang terus ...

Merdeka > Uang Pujian Jokowi untuk Menteri Susi dan jumlah nelayan RI yang terus merosot Selasa, 21 November 2017 06:00 Reporter : Idris Rusadi Putra Meme Menteri Susi Pudjiastuti. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya pada pembukaan Kongres ke-XX Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Manado, Sulawesi Utara. Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan beruntung mempunyai Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menenggelamkan kapal pengambil sumber daya perikanan RI.

"Berapa puluh tahun kita diamin saja sebanyak 7.000-8.000 kapal lalu lalang ambil ikan," kata Presiden seperti dikutip dari Antara Manado, Rabu (15/11).

Sikap diam itu menurut Presiden ketujuh itu apakah karena sudah mengerti, atau mengerti tapi diam, atau memang tidak mengerti. "Untung kita punya Menteri Susi yang tenggelamin kapal itu. Kalau dibiarkan terus-menerus habis, yang kena siapa, nelayan kita," kata Presiden.

Jumlah nelayan menurut Presiden terus menurun dari angka 1,6 juta orang menjadi 800 ribu orang. "Ini karena ikannya nggak ada, mereka beralih profesi. Yang harus melindungi sumber daya alam kita adalah kita sendiri," ujarnya.

Penurunan jumlah nelayan diamini Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria. Dia menyebut ju mlah kapal penangkap ikan yang beroperasi khusus di sejumlah wilayah RFMO (Regional Fisheries Management Organization) Indonesia mengalami penurunan dari sekitar 500 kapal menjadi 276 kapal saja.

"Data tahun 2017, kapal kita yang beroperasi di sejumlah wilayah penangkapan ikan tuna relatif menurun 276 sebelumnya kurang lebih 500 kapal," ungkapnya di Gedung Mina Bahari III, Jakarta Pusat, Senin (20/11).

Namun demikian, penurunan jumlah kapal ini menurut dia tidak terlepas dari berbagai kebijakan KKP yang terkait dengan penangkapan ikan untuk mengatasi ilegal fishing dan melindungi kelestarian sumber daya laut.

Oleh karena itu, dia meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipimpin Susi Pudjiastuti untuk mengkaji kembali kebijakan-kebijakan yang terkait dengan penangkapan ikan.

"Regulasi-regulasi yang dibuat KKP, memang punya dampak pada penurunan jumlah kapal kita yang beroperasi di wilayah RFMO ini. Ini perlu kita kaji bersama, reg ulasi-regulasi seperti apakah yang bisa menjadi jalan tengah," katanya.

Dia mengakui bahwa upaya pemerintah untuk mengatasi penangkapan ikan ilegal dan menjaga kelestarian sumber daya laut harus terus didukung serta diperkuat. Namun, pemerintah perlu juga memperhatikan tingkat pertumbuhan ekonomi.

"Supaya bisa hasilkan regulasi yang pas. 276 (jumlah kapal yang beroperasi)) kita dorong lagi supaya bisa memenuhi jumlah kuota yang telah diberikan," tegasnya.

Penurunan jumlah kapal berdampak pada turunnya hasil tangkapan nelayan, khususnya ikan tuna. Silakan klik selanjutnya. [idr] SELANJUTNYA

Baca Juga:
Siap-siap, pemerintah akan batasi kuota penangkapan Tuna di Tanah AirPresiden Jokowi: Untung kita punya Menteri Susi yang menenggelamkan kapalKKP: Kebutuhan nelayan lebih tinggi dari kapal yang kita bangunKKP berikan 8 kapal dukung perkembangan nelayan Natuna
Topik berita Terkait:
  1. Susi Pudjiastuti
  2. Kementerian Kelautan Dan Perikanan
  3. Presiden Jokowi
  4. Ekonomi Indonesia
  5. Nelayan
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News | Berita 24 Sulut

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Bisnis,1,Hiburan,3,Lokal,3,Nasional,1,Olahraga,1,
ltr
item
Berita 24 Sulawesi Utara: Pujian Jokowi untuk Menteri Susi dan jumlah nelayan RI yang terus ...
Pujian Jokowi untuk Menteri Susi dan jumlah nelayan RI yang terus ...
http://b.scorecardresearch.com/p?c1=2&c2=17805152&cv=2.0&cj=1
Berita 24 Sulawesi Utara
http://www.sulut.berita24.com/2017/11/pujian-jokowi-untuk-menteri-susi-dan.html
http://www.sulut.berita24.com/
http://www.sulut.berita24.com/
http://www.sulut.berita24.com/2017/11/pujian-jokowi-untuk-menteri-susi-dan.html
true
4796668499768346679
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy