Sail Sabang 2017 jadikan Aceh tujuan pariwisata

Sail Sabang 2017 jadikan Aceh tujuan pariwisata Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, mengatakan...

Sail Sabang 2017 jadikan Aceh tujuan pariwisata

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, mengatakan, pelayaran Sail Sabang 2017 yang digelar 28 November-5 Desember 2017 diharapkan dapat menjadikan Provinsi Aceh sebagai tujuan pariwisata populer.
"Kami ingin daerah itu jadi tujuan pariwisata. Karena seperti tadi saya katakan, kita membangun banyak pariwisata turis," katanya, setelah melepas Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 yang berangkat ke Sail Sabang 2017, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.
Pelepasan Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 ditandai dengan pemberangkatan kapal layar latih tiang tinggi TNI AL, KRI Dewaruci, yang membawa serta puluhan siswa SLTA dari seluruh Indonesia menuju Sabang, dan mampir di Batam, Kepulauan Riau. Saat KRI Dewaruci melepas tali, KRI Bima Suci ditambat persis di depannya.
Dia menuturkan, pariwisata diproyeksikan menjadi kontributor terbesar ekonomi Indonesia pada 2019 mendatang. Target itu akan dicapai jika kunjungan turis mancanegara ke Indonesia mencapai 20 juta orang pada 2019.
"Kita harap 2019 itu bisa kelihatan finalisasinya dan akan terus kita tingkatkan. Pada 2019 kita ingin dapat turis lebih dari 20 juta orang sehingga penerimaan negara terbesar nantinya dari turis," katanya.
Menurut dia, target itu diharapkan bisa dicapai setelah kalangan dunia melihat potensi Indonesia yang memiliki tujuan wisata bahari yang menarik.
Khusus untuk perhelatan Sail Sabang, Luhut mengaku pemerintah telah melakukan persiapan utamanya untuk mendukung akomodasi wisatawan di sana.
"Infrastruktur yang baik, jalan, hotel, air dan kemudahan ke sana, itu diperbaiki," ungkapnya.
Hal lain yang juga dilakukan pemerintah, lanjut mantan Kepala Staf Presiden itu, adalah mengingatkan masyarakat untuk mempertahankan citra khas daerah setempat.
"Presiden berkali-kali ingatkan jangan arsitektur daerah itu meniru ars itektur lain. Biar arsitektur daerah itu sendiri yang dikembangkan sehingga orang datang melihat nuansa yang betul-betul mencitrakan daerah itu," katanya.
Sabang telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari karena potensi alam dan lokasinya yang strategis sehingga setiap tahun disinggahi puluhan kapal pesiar maupun kapal yacht dari mancanegara.
Sail Sabang 2017 merupakan rangkaian dari Sail Indonesia seri ke-9, yang diluncurkan pertama kali di Bunaken, Sulawesi Utara, pada 2009.
Sail Indonesia kemudian diikuti Sail Banda 2010, Sail Wakatobi 2011 (Bangka Belitung), Sail Morotai 2012 (Maluku Utara), Sail Komodo 2013 (NTT), Sail Raja Ampat 2014 (Papua Barat), Sail Teluk Tomini 2015 (Sulawesi Tengah), dan Sail Selat Karimata 2016 (Kalimantan Barat).
Kegiatan Sail Sabang 2017 bukan sekadar pelayaran wisata biasa melainkan punya misi mendorong percepatan pembangunan di kawasan tersebut, baik infrastruktur maupun ekonomi terutama dari k egiatan pariwisata.

Editor: Ade P Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: Google News | Berita 24 Sulut

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Bisnis,1,Hiburan,3,Lokal,3,Nasional,1,Olahraga,1,
ltr
item
Berita 24 Sulawesi Utara: Sail Sabang 2017 jadikan Aceh tujuan pariwisata
Sail Sabang 2017 jadikan Aceh tujuan pariwisata
Berita 24 Sulawesi Utara
http://www.sulut.berita24.com/2017/11/sail-sabang-2017-jadikan-aceh-tujuan.html
http://www.sulut.berita24.com/
http://www.sulut.berita24.com/
http://www.sulut.berita24.com/2017/11/sail-sabang-2017-jadikan-aceh-tujuan.html
true
4796668499768346679
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy