www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Berantas Buta Aksara dan Pengangguran di NTT, KIBAR Indonesia ...

Posted by On 07.50

Berantas Buta Aksara dan Pengangguran di NTT, KIBAR Indonesia ...

Berantas Buta Aksara dan Pengangguran di NTT, KIBAR Indonesia Gandeng LPK Feto Mone

bentuk keberpihakan pemerintah terhadap anak-anak yang putus sekolah dari keluarga yang tidak mampu, dan melalui pendidikan non formal

Berantas Buta Aksara dan Pengangguran di NTT, KIBAR Indonesia Gandeng LPK Feto MoneISTIMEWAIstimewa Suasana saat Ketua Umum Kibar Indonesia, Ir.H.M.Nurcahyo Riswanto dan Sekjen Kibar, Frans X Watu melaunching Program Indonesia Pintar Non Formal, di Kefamenanu, TTU didampingi Asisten II Setda TTU, Raymundus Thal, Kadis PPO TTU, Emanuel Anunut, Kadis Nakertrans, Bernardinus Totnay, Ketua Badan Pengurus Yabiku NTT, Filiana Tahu dan Direktur Yabiku NTT, Anton Kefi serta PIC NTT, J. Bernadeta, Senin (18/12/ 2017).

POS KUPANG.COM, KEFAMENANU- Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program prioritas Presiden Ir. Joko Widodo untuk membantu siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas, merata, dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh anak Indonesia.
Tingginya angka putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan formal dapat berdampak pada bertambahnya angka kemiskinan dan selanjutnya akan dapat memicu munculnya permasalahan sosial. Untuk mengatasinya pemerintah Joko Widodo mendorong tumbuhnya semangat kewirausahaan masyarakat melalui program pendidikan kecakapan wirausaha.

Program pendidikan kecakapan kewirausaha merupakan program pelayanan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dan ketrampilan berwirausaha sesuai dengan kebutuhan dan peluang usaha yang ada di masyarakat. Untuk itu perlu didukung dana bantuan yang disalurkan melalui lembaga yang memenuhi kriteria yang ditet apkan oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kibar Indonesia organisasi kemasyarakatan dengan visi kekaryaan dan kerakyatan merupakan embrio dari perjuangan Joko Widodo dalam menata Jakarta Baru dan dilanjutkan membangun Indonesia Hebat dengan slogan ayo kerja, kerja dan kerja.

Tanggal 11 sampai dengan 19 Desember 2017 Kibar Indonesia dan LPK Feto Mone, melaksanakan pelatihan bagi 100 warga Kabupaten Timor Tengah Utara -NTT. Pelatihan ketrampilan menjahit, pertanian dan peternakan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

"Ini tahap awal sekaligus kami launching kerjasama antara Kibar Indonesia dengan LPK daerah, dalam rangka mengimplementasikan program pemerintah di sektor pendidikan dan kewirausaha, tentunya dalam konteks penurunan angka pengangguran dan perang melawan buta aksara" papar Ketua Umum Kibar Indonesia, Ir.H.M.Nur cahyo Riswanto yang hadir di Kota Kefa bersama pengurus Kibar Indonesia.

Peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam membantu kerja pemerintah, lembaga swadaya masyarakat atau ormas sebaiknya mengambil peran seperti ini, memang tidak gampang karena dibutuhkan ketulusan dalam bekerja, karena data keluarga prasejahtera yang kita miliki tidak akurat. Tim kami dan LPK Feto Mone melakukan verifikasi berkali-kali sehingga data yang masuk ke Kementrian benar-benar valid dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai juknis dari Kemendikbud, papar tokoh motivator yang dikenal dekat dengan Jokowi sejak Pilgub DKI 2012 ketika Jokowi running dalam pemilihan gubernur DKI kala itu.

"Kegiatan ini dapat terselenggara berkat kerjakeras Tim PIP Kibar Indonesia bersama LPK Feto Mone binaan Ibu Maria Filliana Tahu. Sebagai putra NTT tentu saya bangga dapat berpartisipasi membangun daerah," papar Frans Watu Sekjen Kibar Indonesia.

Menurut Frans X Wattu, kegiatan PIP non Formal yan g dilaksanakan di Kefamenanu-TTU menjadi kado Ulang Tahun bagi Propinsi NTT yang akan merayakan HUT yang ke 59 pada 20 Desember 2017.

Setelah NTT, kami akan melakukan road show ke Medan (Sumatera Utara), Lampung, Manado (Sulawesi Utara), Mamuju (Sulawesi Barat), Palu (Sulawesi Tengah), Gorontalo dan NTB untuk melaksanakan kegiatan serupa, sambung Frans Watu putra NTT didampingi Sekretaris PIP Kibar Indonesia Eusebia Pareira dan PIC PIP NTT Jenete Bernadete .

Sementara itu, Maria Filiana Tahu,S.Sos,M.Hum Ketua Dewan Pengurus Yayasan Amanaut Bife Kuan (YABIKU), menjelaskan bahwa program ini ditujukan untuk anak usia sekolah tidak sekolah (ATS).

Ini bentuk keberpihakan pemerintah terhadap anak-anak yang putus sekolah dari keluarga yang tidak mampu, dan melalui pendidikan non formal ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga dapat menekan jumlah pengangguran dan buta aksara di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Belu. Setelah kami launching kerjasama dengan Kibar Indonesia, harapan kami masyarakat mau pro aktif mendaftarkan diri ke YABIKU untuk minat kewirausahaan sesuai kebutuhan di TTU, Belu, Malaka dan TTS seperti minat peternakan, pertanian, perbengkelan dan bidang lainnya, papar Fili aktivis yang juga legislator PDIP TTU.

Setelah dibuka tanggal 11 Desember, kegiatan pelatihan dasar menjahit bagi anak putus sekolah dan ibu rumah tangga hari ini, Senin 18 Desember ditutup dengan pemberian sertifikat secara simbolis kepada para peserta dan penandatangan memorandum of understanding (MOU) antara Kibar Indonesia dengan Yayasan YABIKU sebagai mitra untuk saling mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kibar Indonesia sebagai ormas mempunyai unit pemberdayaan masyarakat yang melakukan pemetaan (social mapping) penyaluran CSR perusahaan BUMN guna mendukung program BUMN hadir untuk negeri sinergi BUMN dalam pengembangan pariwisata dan juga merupakan kerja nyata dari program "BUMN Hadir untuk Negeri". *)

Pose bersama Ketua Umum Kibar Indonesia usai launchinh Program Indonesia Pintar non Formal di Kefamenanu, TTU, Senin (18/12/2017)
Pose bersama Ketua Umum Kibar Indonesia usai launchinh Program Indonesia Pintar non Formal di Kefamenanu, TTU, Senin (18/12/2017) (ISTIMEWA)
Editor: Ferry_Ndoen Ikuti kami di Mobil Hanyut di Derasnya Sungai Brantas Mojokerto, Penumpang Coba Keluar dari Jendela Sumber: Google News | Berita 24 Sulut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »