GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Lantamal VIII Manado Perkenalkan Kapal Patroli Buatan Spanyol

Lantamal VIII Manado Perkenalkan Kapal Patroli Buatan Spanyol

Lantamal VIII Manado Perkenalkan Kapal Patroli Buatan Spanyol Kapal tersebut dalam ditugaskan patroli terbatas, ditunjang dengan keberadaan reap atau speedboad.Jumat,…

Lantamal VIII Manado Perkenalkan Kapal Patroli Buatan Spanyol

Lantamal VIII Manado Perkenalkan Kapal Patroli Buatan Spanyol

Kapal tersebut dalam ditugaskan patroli terbatas, ditunjang dengan keberadaan reap atau speedboad.

Lantamal VIII Manado Perkenalkan Kapal Patroli Buatan SpanyolIstKomandan Lantamal VIII Manado, Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, bersama apra muspida tingkat I

Laporan Wartawan Tribun Manado, Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komandan Lantamal VIII Manado Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, menguraikan kegiatan yang tengah dilakukan pangkalan utama TNI Angkatan Laut (AL) melibatkan kapal patroli dengan model dan tiper terbaru untuk jenis memiliki tiang tinggi.

"Kapal ini baru dimiliki TNI AL tahun lalu, buatan negara Spanyol kapal patroli jenis terbaru dengan sebutan tool ship," kata Joanis, Jumat (2/11/2018).

Baca: Pemerintah Sulut Beri Dorongan & Motivasi Generasi Muda Masuk Akademi TNI-Polri

Kapal bernama KRI Bima Suci sudah beberapa hari lego jangkar di dermaga Pangkalan AL Kota Bitung, turut menangkut ratusan taruna taruni Akademi angkatan laut ( AAL) yang tengah melakukan praktik layar Kartika Jala Krida diatas KRI Bima Suci.

Baca: Lantamal VIII Musnakan Barang Bukti di Lapangan Mako, 1.835 Liter Cap Tikus di Buang

Kapal tersebut dalam ditugaskan patroli terbatas, ditunjang dengan keberadaan reap atau speedboad. Hadirnya kapal patroli KRI Bima Suci menjadi satu diantara alutsista pertahanan keamanan Indonesia khusus wilayah laut Sulawesi yang sangat luas .

"Untuk laut Sulawesi ada KRI yang ditugaskan dibawah gugus taman laut (Gusta ma) maupun gugus tempur laut yang berfungsi mencover areal masing-masing. Untuk di Sulawesi dilaksanakan selama 365 hari supaya bisa cover semua areal menjaga stabilitas," tambahnya.

Dijelaskannya pangakalan AL dibawah Lantaman VIII Manado ada delapan, mulai dari Melonguane Tahuna, Miangas pos pengamatan yang konteksnya sebagai areal utama mengamati masuk keluarnya kapal di wilayah perairan Indonesia.

Baca: Lantamal VIII Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah

Petugas disana nantinya akan melapor kepada Lantamal VIII mengenai situasi dan perkembangan.

"Kalau penanganan biasa mereka tidak melaksanakan, karena kondisi di laut sangat berat," tambahnya.

Pihak Lantamal VIII tengah melaksanakan perintah untuk mengurangi kapal patroli yang menggunakan fiberglass dalam hal ini, untuk menjaga kondisi cuaca yang ekstrim. Sehingga disiapkanlah KRI Bimi Suci dan KRI lainnya.

"Sudah dilaksanakan operasi per batasan dengan mengirim uang rupiah bekerjasama dengan Bank Indonesia, sambil melaksanakan patroli," kata dia.

Pada saat melakukan operasi terbatas di wilayah Sulawesi khusus Sulut, antensi TNI AL mencari bakat minat putra putri daerah.

Dengan kedatangan KRI Bima Suci bertujuan juga untuk mengajak mereka melaksanakan kegiatan operasi kartika jaka krida.

Baca: Lantamal VIII Musnakan 1.835 Cap Tikus

"Operasi ini sebelumnya sudah kami laksanakan. Seperti gelar workshop Jeiju Internasional di Jepang dan Manila dengan maksud meningkatkan hubungan lima tahunan yang sudah kedua kalinya dilakukan. Tahun 2004 membawa tarina AAL saat menjadi komandan KRI Dewaruci," urainya.

Dia tambahkan kenapa harus dienalkan KRI Bima Suci serta taruna taruni AAL, karena banuyak prajurit yang akan bertugas di daerah Sulut. Dengan diperkenalkan akan mendapat teman agar komunikasi jadi positif dan semakin semangat jaga dan cinta tanah air.

Penulis: Christian_Wayongkere Editor: Siti Nurjanah Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Video PilihanSumber: Google News | Liputan 24 Melonguane

Tidak ada komentar