Kirim Berita Sulut: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulut: Klik Disini

Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

2018, Sun Life Terus Perkuat Ekspansi di Kota Lapis Kedua

Posted by On 13.06

2018, Sun Life Terus Perkuat Ekspansi di Kota Lapis Kedua

2018, Sun Life Terus Perkuat Ekspansi di Kota Lapis Kedua

Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia Elin Waty, disaksikan manajemen, menandatangani sertifikat peresmian kantor pemasaran di Manado, Sulawesi Utara, Selasa, 21 November 2017. (Istimewa)

Oleh: Jaja Suteja / JAS | Selasa, 21 November 2017 | 17:06 WIB

Manado - Perusahaan asuransi jiwa PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) terus memperkuat ekspansi ke sejumlah kota lapis kedua dan ketiga (second city and third city) di seluruh Indonesia di tahun 2018. Hal itu melanjutkan strategi yang sudah dua tahun ini diterapkan Sun Life.

“Kami memang memiliki strategi berbeda dengan (perusahaan asuransi) lainnya. Kami fokus pada second dan third city. Sela ma dua tahun ini kami gencar membuka kantor pemasaran di Pulau Jawa dan Sumatera. Tahun ini, di semester dua, kami fokus garap Sulawesi dan Kalimantan,” tutur Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia Elin Waty saat meresmikan Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) baru di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (21/11).

Hadir pada kesempatan itu Chief Agency Officer Sun Life Financial Indonesia Wirasto Koesdiantoro, pemilik KPM Sun Life Pingkan Kussoy, dan jajaran manajemen Sun Life lainnya. Kantor baru yang terletak di Kompleks Ruko Mega Mas Blok 1 C2 Nomor 43, Jl Piere Tendean, Kecamatan Wenang Kota, Manado itu merupakan kantor pemasaran konvensional Sun Life ke-112.

Saat ini, Sun Life memiliki 112 kantor pemasaran konvensional dan 57 kantor pemasaran syariah di 77 kota di Tanah Air. Kantor di Manado merupakan kantor pertama Sun Life di Sulawesi Utara.

Elin mencontohkan, di Jawa, Sun Life sudah membuka kantor di beberapa kota kecil seperti Kediri, Jember, Bayuwangi, da n Madiun. Semester kedua tahun ini, pihaknya membuka kantor di beberapa kota di Sulawesi dan Kalimantan. Setelah Manado, pihaknya akan membuka kantor serupa di Palu dan Sangir Talaud.

Sedangkan di Kalimantan, Sun Life tengah membidik kota Sampit dan Banjarmasin. Sebelumnya, Sun Life hanya memiliki kantor di Balikpapan, kini dengan menerapkan strategi kota lapis kedua dan ketiga sejak dua tahun lalu, Sun Life sudah memiliki kantor di Samarinda, Tarakan, Tanjung Selor, dan Pontianak.

“Strategi ini sebagai bagian dari komitmen Sun Life yang ingin memastikan masyarakat Indonesia mapan finansial,” tutur Elin.

Ia menjelaskan, Manado dipilih karena memiliki potensi besar. Manado merupakan kota kedua terbesar di Sulawesi setelah Makassar. Selain untuk ekspansi, kata Elin, kehadiran KPM Manado akan meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan dan produk proteksi untuk menciptakan stabilitas keuangan jangka panjang. Menurut Elin, saat ini hanya 35 persen mas yarakat Indonesia yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

“KPM Manado ini diharapkan dapat menjadi fasilitas efektif bagi masyarakat Manado dan sekitarnya untuk mulai membangun perencanaan keuangan strategis dengan memanfaatkan keunggulan produk dan layanan Sun Life,” tambah dia.

Ia optimistis langkah Sun Life dalam mengedukasi pasar Manado akan berbuah positif. Optimisme itu terkait potensi Manado sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Sulawesi. Manado juga menjadi kota dengan aktivitas bisnis tersibuk di belahan utara Sulawesi berkat perkembangan industri perikanan dan pariwisata yang menjanjikan.

Dikatakan, KPM Manado tidak hanya ditujukan untuk penduduk Manado, yang berpenduduk sekitar 470.000 jiwa, tetapi juga penduduk Provinsi Sulawesi Utara yang mencapai lebih dari 4,3 juta jiwa.

“Kami berharap KPM ini tidak hanya mampu meningkatkan literasi masyarakat terhadap produk dan layanan asuransi, namun juga mampu membuka lapangan peke rjaan baru bagi masyarakat di Sulawesi Utara untuk menjadi agen asuransi yang paling disegani di industri asuransi jiwa,” ujar Elin.

Target 120 Kantor
Pada kesempatan yang sama, Wirasto mengatakan, Sun Life akan terus memperkuat penetrasinya di seluruh pelosok Nusantara. Hingga akhir tahun ini, Sun Life menargetkan memiliki 120 kantor pemasaran konvensional. Tahun depan, pihaknya akan fokus pada kawasan Indonesia bagian timur.

Saat ini, ada sejumlah kota di Maluku dan Papua yang tengah dibidik. Seluruh kantor pemasaran itu akan dilengkapi sarana dan prasarana yang bisa menunjang kerja para agen untuk meningkatkan kualitasnya. Termasuk ruang pelatihan rutin untuk meningkatkan kemampuan para agen di berbagai tingkatan. Seperti yang ada di KPM Manado.

Kantor itu terdiri atas tiga lantai dan dilengkapi fasilitas resepsionis, administrasi, ruang tamu, ruang kerja agen, ruang pelatihan, dan ruang ujian Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Sa at ini sudah ada 70 agen yang akan memperkuat pemasaran Sun Life di Manado. Baru efektif enam bulan di Manado, Sun Life sudah memberi kontribusi sekitar 2,8 persen dari total pendapatan premi Sun Life secara nasional.

“Kontribusi ini terbilang besar untuk kota yang jauh dari Jakarta. Potensi Manado sangat besar, apalagi bisa merengkuh wilayah Gorontalo dan Sangir Talaud,” tutur dia.

Potensi asuransi di Manado besar karena penetrasi asuransi masih rendah. Diyakini, penetrasinya tidak jauh berbeda dari kondisi secara nasional. Secara nasional, berdasarkan data Otorita Jasa Keuangan (OJK), baru 18 persen masyarakat yang mengenal asuransi. Sedangkan yang memiliki asuransi baru 12 persen. Itu pun karena kebanyakan mendapat proteksi dari perusahaan tempat kerja.

Jika dihitung dari kepemilikan asuransi secara individual, penetrasinya baru sekitar 7 persen dari total populasi. Makanya, Sun Life akan terus memperkuat penetrasi hingga ke pelosok daerah. Elin melanjutk an, peningkatan penetrasi di berbagai kota kecil itu ikut mendongkrak kinerja perusahaan.

Selama beberapa tahun ini Sun Life tumbuh signifikan. Tercatat, per kuartal tiga 2017, Sun Life meraih total pendapatan premi Rp 2,17 triliun. Angka itu tumbuh 121 persen dari Rp 987 miliar di periode yang sama 2016. Tingginya kinerja itu juga dipengaruhi integrasi CIMB Sun Life ke Sun Life, akhir 2016 lalu.

Pertumbuhan signifikan juga terjadi pada pendapatan premi baru (premi tahun pertama termasuk premi tunggal) sebesar Rp 1,42 triliun atau tumbuh 262 persen dari Rp 394 miliar pada kuartal tiga 2016. Seluruh pendapatan itu, 51 persen disumbang dari distribusi keagenan dan 49 persen dari partnership distribution.

Elin menjelaskan, sepanjang 2016 lalu, Sun Life meraih pendapatan premi Rp 1,6 triliun. Jika dibanding dengan perolehan hingga kuartal ketiga 2017, terjadi pertumbuhan lebih dari 25 persen. Namun, Elin enggan menjelaskan berapa angka target tahun ini yang dipatok di awal tahun.

“Selama beberapa tahun ini, pertumbuhan kami memang selalu meningkat. Pertumbuhan kami itu jauh di atas industri,” tambah dia.



Sumber: BeritaSatu.com ARTIKEL TERKAIT
  • Sun Life Kampanyekan Kesadaran Cegah Diabetes
  • Ribuan Nelayan Kabupaten Malang Diasuransikan
  • Pendapatan Premi BRI Life Meningkat 11,6 Persen
  • September 2017, Mandiri Inhealth Catat Pendapatan Premi Rp 1,6 Triliun
  • Jaga Motorku Tawarkan Dua Perlindungan Sekaligus
  • FWD Olympic, Siapkan Generasi Muda Melek Keuangan
  • 1 Seleksi Peserta Pemilu 2019 2 Kelompok Bersenjata Beraksi di Papua 3 Tambah Daya Listrik 4 Rakernas Nasdem 5 Penembakan Dokter
    • Anggaran "Aneh" di RAPBD DKI 2018, Ketua DPRD: Silakan Dikritisi
    • Pilot Bicara Rasis, Garuda Minta Maaf
    • Sebelum Meninggal, Laila Sari Siapkan Kain Kafannya Sendiri
    • Bertambah 58 Orang, Tim Gubernur Anies Sedot Dana Rp 28 M
    • Bursa Ketum Golkar, Airlangga Tunggu Restu Jokowi
    • Aliran Dana E-KTP ke DPR Diberikan Tunai Tanpa Kuitansi
    • Kahiyang Ayu Resmi Bermarga Siregar
    • Menhub: Kereta Bandara Soekarno Hatta Beroperasi Desember
    • Anggaran Sekwan DPRD DKI Naik Drastis, Rp 107 M untuk Kunker
    • Dituding Anies Dibiayai Swasta, Staf Ahok Angkat Suara
Sumber: Google News | Berita 24 Sulut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »