www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bank Indonesia Beri Perhatian Kualitas Kopi Kotamobagu

Posted by On 09.04

Bank Indonesia Beri Perhatian Kualitas Kopi Kotamobagu

Bank Indonesia Beri Perhatian Kualitas Kopi Kotamobagu

Bank Indonesia memberikan perhatian kepada kualitas kopi Kotamobagu. Hal ini agar komoditas tersebut memiliki nilai yang lebih tinggi dari saat ini.

Bank Indonesia Beri Perhatian Kualitas Kopi Kotamobagupenandatangan MOU antara BI dan Pemkot Kotamobagu

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bank Indonesia (BI) memberikan perhatian kepada kualitas kopi Kotamobagu. Hal ini agar komoditas tersebut memiliki nilai yang lebih tinggi dari saat ini.

"Kopi Kotamobagu telah terkenal sejak lama, sehingga tak heran banyak Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) kopi di daerah terse but," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) Soekowardojo, Minggu (17/12/2017).

Soekowardojo menambahkan untuk itu BI membantu petani kopi agar mereka lebih profesional dalam mengelola kopi, sehingga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraannya.

Untuk beberapa waktu lalu pihaknya memberikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBl) Tematik befurupa Alat Pengolahan Kopi sekaligus pelatihan penggunaan alat kepada kelompok tani Desa Bilalang Satu dan Dua.

Sehingga, diharapkan hasilnya petani dapat meningkatkan kualitas kopi, dari harga jual Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp 40-50 ribu per kilogram. "Apalagi kopi yang dikembangkan jenis robusta organik yang banyak diminati berbagai negara," katanya.

Selain itu, pihaknya melatih petani dengan menghadirkan narasumber dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) Jember, sehingga para petani bisa bertanam kopi yang baik dan benar.

Selain i tu, kopi merupakan satu komoditas yang penting bagi seluruh masyarakat dunia, bukan hanya dari kenikmatan para konsumen peminum kopi namun bernilai ekonomis bagi negara-negara yang memproduksi dan mengekspor biji kopi.

Lebih lanjut, di Sulawesi Utara luas areal tanaman kopi yang tercatat
mencapai 7.714 hektare, dengan total produksi sebesar 2.992 ton, dengan Kotamobagu sebagai satu di antara penghasil kopi terbesar di Sulut.

Sedangkan Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara mengungkapkan kopi sudah sangat terkenal, sehingga pada Desember 2016 ditetapkan pemerintah menjadi daerah penghasil kopi di Sulut, bersama dengan Minsel.

Untuk itu pihaknya berterima kasih kepada BI yang akan melakukan pendampingan kepada UMKM kopi. "Apalagi kami fokus untuk pengembangan kopi organik," ungkapnya.

Penulis: Herviansyah Editor: Aldi_Ponge Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Pria Catat Isi SMS Selingkuhan Istri dari HP Senter di Kertas lalu ke Polisi sambil Gendong Anak Sumber: Google News | Berita 24 Sulut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »