www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Hadapi Natal dan Tahun Baru, BI Layani Penukaran Uang Hingga ...

Posted by On 16.12

Hadapi Natal dan Tahun Baru, BI Layani Penukaran Uang Hingga ...

Warta Ekonomi.co.id, Manado -

Menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Bank Indonesia (BI) melayani penukaran uang baru hingga pelosok Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami berupaya menyediakan uang layak edar hingga masyarakat pelosok desa di Sulut," kata Deputi BI Perwakilan Sulut Yusnang di Manado, Rabu (20/12/2017).

Yusnang mengatakan, untuk menjangkau masyarakat pelosok, pihaknya melakukan kas keliling di 15 kabupaten dan kota. Katanya, mobil untuk kas keliling itu sengaja diturunkan setiap hari, berbeda dari hari biasa yang hanya waktu tertentu.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat menukarkan uang pecahan karena minatnya cukup tinggi menjelang Natal 2017.

Mobil akan berkeliling di wilayah Kota dan Kabupaten di Sulut ke tempat-tempat ramai seperti di pasar-pasar. Petugas kas keliling langsung melayani permin taan penukaran uang.

Sesuai Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia menyelenggarakan pelayanan perkasan di setiap satuan kerja kas berupa penerimaan setoran dan penarikan uang oleh bank-bank umum dan bendaharawan proyek pemerintah yang memiliki rekening di Bank Indonesia serta pelayanan penukaran uang kepada masyarakat dan perbankan.

Selain itu, katanya, Bank Indonesia menyediakan pelayanan kas di luar kantor berupa kas keliling, kas titipan, dan kerja sama penukaran dengan pihak ketiga.

Pelayanan kas keliling dilakukan oleh Kantor Pusat dan hampir seluruh Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia, baik yang berlokasi di pusat-pusat keramaian seperti pasar, pameran, dan perguruan tinggi, maupun kerja sama dengan institusi lain.

Kegiatan kas keliling juga dilakukan oleh Bank Indonesia di wilayah terpencil dan terdepan Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Kementerian Sosial, serta d engan TNI Angkatan Laut.

Untuk memenuhi kebutuhan uang tunai terutama di daerah terpencil, Bank Indonesia juga bekerja sama dengan bank umum di beberapa provinsi di Indonesia untuk melakukan kegiatan kas titipan. (FNH/Ant)

Sumber: Google News | Berita 24 Sulut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »