www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kirab Pemuda finis di Bumi Bung Karno

Posted by On 10.57

Kirab Pemuda finis di Bumi Bung Karno

Blitar (ANTARA News) - Setelah berkeliling lebih dari 100 kota/kabupaten di Indonesia, Kirab Pemuda yang diprakarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan start di Miangas Sulawesi Utara, saat ini sudah memasuki finis tepatnya di Bumi Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Selasa.
Rombongan pemuda dari berbagai etnis perwakilan dari seluruh Indonesia itu saat tiba di Kota Blitar diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Blitar Santoso di halaman makam Sang Proklamator, Soekarno dengan upacara resmi.
"Kami bangga bisa menerima perwakilan pemuda dari seluruh Indonesia yang mempunyai misi khusus merajut kebinnekaan Indonesia. Apalagi kami terima di tempat yang diistimewa yaitu makam Bung Karno," kata Santoso di sela menerima kirab pemuda.
"Belum lengkap jiwa ke-Indonesia-an kita jika belum melakukan ziarah ke makam Bung Karno," katanya menegaskan.
Meski sudah meninggal, semangat Bung Karno masih relevan untuk diaplikasikan oleh pemuda saat ini. Apalagi presiden pertama Indonesia itu merupakan sosok penggali Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia yang kita kenal hingga saat ini.
Setelah diterima secara resmi, 72 pemuda yang sudah keliling Indonesia selama 72 hari itu mendapatkan kesempatan untuk berziarah ke makam Bung Karno. Selain menabur bunga, perwakilan kirab pemuda juga menempatkan karangan bunga.
Tidak ketinggalan, peserta Kirab Pemuda ini berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing mengingat peserta kegiatan unggulan Kemenpora itu diikuti berbagai etnis hingga agama dan kepercayaan.
Sebelum tiba di makam Bung Karno, Kirab Pemuda ini sebelumnya di kirab dari Candi Simping yang berada di Kabupaten Blitar. Tidak ketinggalan, perwakilan pemuda juga membacakan ikrar kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Sementara itu Kepala Bidang Kreativitas Pemuda Kemenpora Chairil Adha mengatakan jika hari ini merup akan hari ke-72 Kirab Pemuda digelar. Para pemuda ini mengawali kirab dari Miangas Sulawesi Utara dan satu lagi dimulai dari Pulau Rote Nusa Tenggara Timur.
"Blitar merupakan lokasi puncak pelaksanaan Kirab Pemuda 2017. Dengan singgah di Kota Blitar maka lebih dari 100 kabupaten/kota di 34 provinsi oleh pemuda terpilih dari seluruh Indonesia ini," katanya.
Menurut dia, Kirab Pemuda ini tidak hanya terhenti saat ini, namun sudah dipastikan akan berlangsung di 2018. Sebanyak 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia akan disinggahi. Mereka akan lebih jauh mengenal budaya, karakter hingga kegiatan lain yang berada di suatu daerah.
Rencananya, Kirab Pemuda ini juga akan mendapatkan motivasi khusus oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menpora Imam Nahrawi.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: Google News | Berita 24 Sulut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »