www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Industri Hotel di Manado Terus Meningkat

Posted by On 00.09

Industri Hotel di Manado Terus Meningkat

Industri Hotel di Manado Terus Meningkat

Frankie Najoan mengungkapkan pertumbuhan industri hotel di Manado selama lima tahun terakhir cukup positif, karena banyak permintaan dari wisatawan

Industri Hotel di Manado Terus MeningkatIstPerhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Utara (Sulut)

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Industri perhotelan di Manado terus mengalami pertumbuhan positif. Hal ini seiring dengan geliat sektor pariwisata yang terus meningkat.

"Untuk saat pertumbuhan hotel di Manado positif. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya hotel baru beberapa tahun belakangan ini," ujar Ketua Perhimpunan Hotel da n Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Utara (Sulut) johnny Lieke, Rabu (25/4/2018).

Untuk itu kondisi saat ini bisa terus meningkat sehingga bisa terus menjadi satu di antara bagian yang menunjang pariwisata.

Sekretaris Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Frankie Najoan mengungkapkan pertumbuhan industri hotel di Manado selama lima tahun terakhir cukup positif. Hal ini karena permintaan kamar dari wisatawan domestik maupun mancanegara utamanya dari Tiongkok terus tumbuh.

Apalagi Manado telah menjadi satu di antara kota Meeting Incentive, Convention, and Exhibition (MICE)di Indonesia. Sehingga penyediakan kamar hotel harus terus ditambah.

Untuk itu pemerintah daerah perlu mempermudah izin investasi hotel di Manado dan Sulawesi Utara (Sulut). Dengan demikian semakin meningkatkan pertumbuhan hotel di Indonesia.

Sejak 2014 sudah bertambah sekitar dari 1.000 kamar hotel di Manado. Jumlah kamar tersebut di antaranya Four Points by Sheraton Manado 257 kamar,Hotel Whiz Prime Megamas Manado 152 kamar, Genio Hotel 75 kamar, Best Western The Lagoon Hotel160 kamar, Jle's Hotel 70 kamar, Top Hotel Manado 105 kamar, ibis Manado City Center Boulevard 154 kamar, Mel's Inn Manado 33 kamar, Biz Boulevard Hotel 48 kamar.

Jika ditambah dengan rekapitulasi jumlah kamar hotel khusus Manado, dengan tahun perhitungan 2013, kapasitas kamar hotel di Manado sekitar 5.000 kamar. "

Jika setiap kamar dihuni dua orang, maka kapasitas tampung hotel di Manado di kisaran 9.620 orang. Tak hanya itu kata dia, tahun ini pihaknya mendapat informasi ada sekira dua hotel yang yang siap beroperasi.

Terpisah,Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Moh Edi Mahmud mengungkapkan tingkat Hunian kamar atau okupansi hotel bintang 5 pada Februari 2018 mencapai 89,81 persen. Jumlah tersebut tertinggi dibandingkan dengan hotel bintang lainnya.

"Untuk tingkat hunian kamar di Sulut mencapai 89,81 persen," ujarnya.

Sedangkan untuk TPK hotel bintang 4 sebesar 74,70 persen, diikuti hotel bintang 1 sebesar 59,51 persen, hotel bintang 3 sebesar 59,25 persen, dan hotel bintang 2 sebesar 50,80 persen.

Untuk Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) Asing pada hotel berbintang bulan Februari 2018 mencapai 2,93 hari menurun 0,5 poin dibanding bulan Januari 2018 sebesar 3,43 hari.

Untuk RLMT Indonesia pada bulan Februari 2018 mencapai 1,76 hari menurun 0,16 poin dibanding Januari 2017 sebesar 1,92 hari. Secara keseluruhan RLMT pada bulan Februari 2018 sebesar 1,93 hari menurun 0,24 poin jika dibandingkan dengan bulan Januari 2018 yang mencapai 2,17 hari.

Penulis: Herviansyah Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Sudah Sadar, Pria Lajang Beberkan Kronologi Pingsan di Mobil dengan Bu Guru hingga Mulut Berbusa Sumber: Google News | Berita 24 Sulut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »