www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Nurdin Abdullah Ingin Kembalikan Makasar Sebagai Gerbang Timur ...

Posted by On 03.49

Nurdin Abdullah Ingin Kembalikan Makasar Sebagai Gerbang Timur ...

Robertus Wardi / AB Rabu, 11 April 2018 | 11:23 WIB

Jakarta - Calon gubernur (cagub) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Ab‎dullah menyatakan jika terpilih menjadi gubenur Sulsel dirinya ingin menjadikan Makassar kembali sebagai gerbang wilayah timur Indonesia. Ciri itu sudah mulai hilang saat ini karena tidak banyak pembangunan di Makassar. Bahkan, Makassar yang menjadi ibu kota Sulsel sudah mulai kalah dengan beberapa kota di bagian timur Indonesia, seperti Manado di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Ambon di Provinsi Malulu.

"Jangan-jangan gerbang timur Indonesia akan pindah ke Sulut, karena Sulut sedang melakukan pembenahan besar-besaran," kata Abdullah dalam acara gala dinner di Jakarta, Selasa (10/4). Acara ini untuk menggalang dana kampanye bagi Nurdin Abdullah -Andi Sudirman Sulaiman.

Menurutnya, letak geografis Sulsel sangat strategis, yakni menjadi tempat transit sebelum menuju wilayah-wilayah lain di timur Indonesia. Namun, keberadaannya sebagai gerbang timur Indonesia tidak banyak berubah selama 10 tahun terakhir. Masalah lainnya adalah lambatnya pembangunan infrastruktur. Jalan di desa-desa masih banyak yang belum diaspal.

Persoalan lainnya adalah Sulsel dikenal sebagai lumbung pangan, tetapi perhatian terhadap petani sangat rendah. Benih, pupuk dan berbagai alat pertanian masih susah didapat. Akibatnya, ketika panen, petani tidak mendapatkan apa-apa karena harga pupuk dan benih sangat mahal. Belum lagi pasar untuk menjualnya tidak tersedia.

"Pembangunan sangat lambat. Birokrasi panjang dan berbelit-belit. Bagaimana mau membuka wilayah lain kalau gerbangnya saja tidak banyak berubah," tutur cagub yang diusung PDI Perjuangan ini.

Ada banyak sektor yang bisa dibangun di Sulsel, di antaranya pertan ian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata. Dirinya siap mengangkat pariwisata, khususnya di Toraja, menjadi lebih masif. Caranya dengan meningkatkan kapasitas bandara sebagai gerbang wisatawan. Dia juga akan meningkatkan pariwisata di Pulau Selayar dan menghubungkannya dengan Bali, NTB, dan Labuan Bajo.

"Ini wilayah yang sangat indah. Selayar kan dekat dengan Bali dan Labuan Bajo. Jadi harus ada konektivitas supaya hidup," tuturnya.


Sumber: Suara Pembaruan Sumber: Google News | Berita 24 Sulut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »