Kirim Berita Sulut: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulut: Klik Disini

Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

OBOR dan Kota Baru Kita

Posted by On 04.51

OBOR dan Kota Baru Kita

Sepeda-sepeda bike sharing terparkir di dekat stasiun kereta bawah tanah di Middle Yanggao Road, Shanghai, China, Rabu (7/6/2017).KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Sepeda-sepeda bike sharing terparkir di dekat stasiun kereta bawah tanah di Middle Yanggao Road, Shanghai, China, Rabu (7/6/2017).

URBANISASI meledak di negara tirai bambu dalam dua dekade terakhir, dan akan berlanjut. Patut dicermati dan unik adalah banyak kota baru yang tumbuh dari nol, menjadi daya tarik perpindahan penduduk dan bangkitan ekonomi baru.

Kalau dilihat trennya, penduduk China yang tinggal di perkotaan akan mencapai satu miliar jiwa pada 2030. Bandingkan dengan Indonesia yang dip erkirakan 65 persen dari 300 juta jiwa, atau hampir 200 juta penduduk.

Sejarah pembangunan kota baru di China selalu dikaitkan dengan rezim. Seperti tumbuhnya Shenzen dari kampung nelayan menjadi pusat ekonomi lekat dengan Deng Xiao-ping.

Baca juga : Jalur Kereta KEK Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung Rampung Juli 2018

Tampilnya Pudong sebagi pusat finansial adalah hasil karya Jiang Zemines. Sedangkan sekarang Xi Jin-ping menjagokan Xiongan Smart And sustainable City sebagai karya rezimnya.

Dalam perkembangannya, China sekarang fokus pada pengembangan pusat-pusat konurbasi mega cities ke arah Delta Yangtze, klaster kota Chengdu-Chongqing dan delta sungai Pearl. Kota baru diidentifikasi sebagai megacity baru dengan penduduk rata-rata 10 juta jiwa.

Majalah Forbes mencatat, pertumbuhan kota di China tidak main-main. Bahkan pemerintah telah mencanangkan akan membangun 285 eco-cities!

Sejak awal pencanangannya One Belt One Road ( OBOR) memang ditengarai akan memengaruhi pertumbuhan kota-kota, dan akan memfasilitasi interaksi antar kota di koridor ekonomi-tersebut.

OBOR sebagai inisiatif ekonomi dan politik tak pelak akan mewarnai perkembangan kawasan yang diakibatkan oleh investasi, termasuk moderinasasi jalur sutera kuno.

Yang menarik di zaman now ini, adalah pembangunan infrastruktur konektivitas dan perkotaan ini dilakukan bersamaan dengan transformasi digital dan Internet of Things (IoT). Kedua hal ini adalah pemicu tumbuhnya kota modern dan tatanan masyarakat zaman now yang lebih cerdas.

Ketika menyapa para pebisnis China di Beijing minggu lalu dalam rangka OBOR Business Forum, saya membayangkan pengaruhnya atas usaha kita bersama untuk membangun kota-kota baru di Indonesia.

Jakarta Skyline.worl dpropertychannel.com Jakarta Skyline.Hampir 52 miliar dollar AS atau Rp 550 triliun proyek prioritas infrastruktur koridor OBOR ditawarkan Indonesia di Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, dan Bali. Apabila terjadi, maka akan tercipta infrastruktur yang akan memicu ekonomi setempat, bahkan nasional.

Kesempatan Bangun Konurbasi Kota Kita

Kalau kita mengikuti alur berpikir China, maka kesempatan terbentuknya konurbasi perkotaan modern di koridor Mebidangro, poros Medan-Toba, koidor Manado-Bitung dan metropolitan Sarbagita di Bali akan mengalami percepatan.

Perkembangan infrastruktur perkotaan dan konektivitas, diikuti pertumbuhan internet yang pesat, merupakan kombinasi yang ampuh. Serta merta ini menjadi tantangan utama para perencana kota zaman now, atau sebagian kami senang dipanggil sebagai planolog.

Para planolog Indonesia kini mendapat pekerjaan rumah baru tampaknya. Di tengah tekanan untuk merencana ruang hidup laya k huni, kini juga harus menyikapi dengan bijak kota baru di koridor OBOR ini.

Warga menikmati suasana Taman Harmoni yang dibangun di lahan bekas tempat pembuangan sampah di Kota Surabaya, Kamis (6/10). Selain untuk keindahan dan paru-paru kota, Pemerintah Kota Surabaya membangun banyak taman juga untuk tempat warga berinteraksi sosial.KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Warga menikmati suasana Taman Harmoni yang dibangun di lahan bekas tempat pembuangan sampah di Kota Surabaya, Kamis (6/10). Selain untuk keindahan dan paru-paru kota, Pemerintah Kota Surabaya membangun banyak taman juga untuk tempat warga berinteraksi sosial.Dengan miliaran dollar diinvestasikan ke Kuala Tanjung dan Sei Mangkei di Mebidangro, dan pembangunan ribuan megawat pembangkit listrik di sungai Kayan Kaltara, yang akan menciptakan pertumbuhan di kawasan industri Tanah Kuning.

Demikian juga tawaran pemerintah Indonesia kepada investor China untuk mengembangkan konektivitas di pulau Lembeh dan kawasan sekitar Bitung, tentu akan mengubah Manado dan sekitarnya.

Harus seperti apakah kota-kota baru kita nantinya? Apa arti "smart" dalam prakteknya di lapangan? Konektivitas OBOR dengan otomatis akan membawa integrasi platform-platform aplikasi transaksi maupun data lain nya. Akan kah masyarakat kita nanti meninggalkan uang tunai, dan bertransaksi dengan virtual?

Rencana kota harus di buat atas dasar peta-peta digital real time, sehingga pemanfaatan teknologi GIS dalam aspek pelayanan kota pun bisa dilakukan dengan mudah.

Wisatawan berada di Hutan De Jawatan yang terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur atat sekitar 45 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wi satawan berada di Hutan De Jawatan yang terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur atat sekitar 45 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Menjadi bagian dari koridor OBOR memerlukan pemikiran inovatif, bijak dan mengutamakan kepentingan warga.

Sudah saatnya pemerintah bersama para planolognya mengesampingkan ego sektoral yang sering menghambat proses perencanaan, dan mulai secara bersama gerak selangkah lebih dulu di depan untuk mengantisipasi.

Arah nya cukup jelas. Kota-kota semakin compact, berbasis teknologi, dengan perkembangan teknologi disruptif akan menjadi pendorong utama. Level kehidupan yang nyaman pun berkembang, seiring kota-kota kita dan konurbasi yang lebih luas, menjadi bagian tak terpisahkan dari sistem jaringan kota-kota dunia.

Kata orang bijak, belajarlah jauh sampai kenegeri Cina. Mari para planolog bergerak selangkah di depan.


Terkini Lainnya

Empat BUMN Serahkan Bantuan Pengembangan Desa Wisata Setanggor

Empat BUMN Serahkan Bantuan Pengembangan Desa Wisata Setanggor

Berita 18/04/2018, 17:44 WIB Astra dan CIMB Niaga Buka Kerjasama KPR

Astra dan CIMB Niaga Buka Kerjasama KPR

Perumahan 18/04/2018, 16:58 WIB OBOR dan Kota Baru Kita

OBOR dan Kota Baru Kita

Berita 18/04/2018, 16:37 WIB One Parc Puri Rampung 15 Tahun

One Parc Puri Rampung 15 Tahun

Apartemen 18/04/2018, 15:00 WIB Tangani Jembatan Babat, Basuki Kirim Rangka Baja Hari Ini

Tangani Jembatan Babat, Basuki Kirim Rangka Baja Hari Ini

Berita 18/04/2018, 13:30 WIB Tunjangan PNS Naik, Basuki Minta Kinerja Ditingkatkan

Tunjangan PNS Naik, Basuki Minta Kinerja Ditingkatkan

Berita 18/04/2018, 13:02 WIB Jalan Alternatif Kendal-Semarang Rusak, Truk Galian C Dilarang Lewat

Jalan Alternatif Kendal-Semarang Rusak, Truk Galian C Dilarang Lewat

Berita 18/04/2018, 12:52 WIB Baut Lepas, Kementerian PUPR Klaim Rutin Merawat Jembatan Babat

Baut Lepas, Kementerian PUPR Klaim Rutin Merawat Jembatan Babat

Berita 18/04/2018, 11:09 WIB Perbaikan Jembatan Babat Dipastikan Selesai Sebelum Lebaran

Perbaikan Jembatan Babat Dipastikan Selesai Sebelum Lebaran

Berita 18/04/2018, 09:27 WI B Rini Dijadwalkan Tinjau Program Padat Karya Tunai di Lombok

Rini Dijadwalkan Tinjau Program Padat Karya Tunai di Lombok

Berita 18/04/2018, 08:50 WIB Wika Klarifikasi Runtuhnya Tol Manado-Bitung

Wika Klarifikasi Runtuhnya Tol Manado-Bitung

Berita 17/04/2018, 23:30 WIB Lebaran 2018, Tol Salatiga-Kartasura Dibuka Fungsional

Lebaran 2018, Tol Salatiga-Kartasura Dibuka Fungsional

Berita 17/04/2018, 23:00 WIB Kampoeng Rawa Disegel, Pelanggan Batalkan Pesanan

Kampoeng Rawa Disegel, Pelanggan Batalkan Pesanan

Berita 17/04/2018, 22:30 WIB Inilah Bedanya WOHO dengan SOHO

Inilah Bedanya WOHO dengan SOHO

Apartemen 17/04/2018, 22:00 WIB Jasa Marga: Konstruksi Tol Manado-Bitung yang Ambruk Porsi Pemerintah

Jasa Marga: Konstruksi Tol Manado-Bitung yang Ambruk Porsi Pemerintah

Berita 17/04/2018, 21:30 WIB Load MoreSumber: Google News | Berita 24 Sulut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »