www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Seafood Bambu Yang Mengoda

Posted by On 10.22

Seafood Bambu Yang Mengoda

Seafood Bambu Yang Mengoda Redaktur:

Foto. IWAN TRI WAHYUDI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Buat anda pecinta kuliner seafood, Suasana Restaurant, Aston At Kuningan Suites, Jakarta bisa jadi pilihan. Di restoran tersebut menyajikan menu menarik, Seafood bamboo. Menu ini merupakan salah satu menu andalan yang disediakan di hotel yang terletak di Jalan Setia Budi Utara Raya, Jakrta Selatan.

Makanan berbahan dasar udang, cumi, dan ikan itu disajikan di atas bambu dan dibalut daun pisang. Sehingga aroma khas wangi daun pisang samar terpancar saat menu satu ini berada didekat anda. Saat dimakan, bumbu rempah, pedas, manis, dan asama tomat mendominasi di lidah.

Executive Chef, Ghofur Basoeky kepada Indopos, Rabu (23/5) menyebutkan, terdapat 50 varian menu yang disediakan di Suasana Restaurant. Namun temanya lebih kepada masakan nusantara yang mengrah ke Jawa dan Sulawesi. “Rata-rata makanan pembuka sampai penutup adalah masakan khas Indonesia yang kaya akan rempah,” bebernya.

Kendati demikian, restaurant tersebut tidak tutup mata terhadap pelanggan mancanegara. Ya, masakan Western turut disajikan bagi pelanggan yang menggandrungi menu dari barat tersebut. “Jadi untuk tamu bule kami juga sediakan makanan yang memang pas di lidah,” ungkapnya diiringi dengan senyum.

Sementara untuk masakan nusanta ra, seafood bambu ini merupakan makanan khas Sulawesi lebih kepada dabu-dabu. Dabu-dabu adalah jenis bahan penyedap panas dan pedas yang umumnya dapat ditemukan di masakan Manado dari Sulawesi Utara, Indonesia. Bahan ini sering digunakan sebagai bahan penyedap untuk makanan laut

Dan di restaurant ini dabu-dabu dimix dengan makanan laut seperti udang, cumi, ikan dori. Kemudian diolah bersama rempah seperti tomtat, kecombrang, sere, bawang merah, dan daun kemangi. “Bumbu ditumis dahulu, setelah wangi maka seafood dimasukan. Kemungkinan hanya memerlukan waktu masak semalam 10 menit,” imbuhnya.

Untuk meminimalisir rasa amis yang biasanya terdapat pada olahan seafood. Ghofur punya trik tersendiri, yakni menggunakan perasan jeruk nipis. Kandungan asamnya diklaim dapat menghilangkan amis olahan laut itu. “Pertama pastikan bahan segar, setelah dibersihkan dicampur dengan jeruk nipis. Kemudian kembali dicuci dan bisa langsung dimasak,” tuturnya.

Untuk memasak , Ghofur mengingatkan agar teflon benar-benar dalam kondisi panas. Sehingga seafood tidak sempat mengeluarkan ezim amisnya ketika dimasak. Karena kondisi wajan yang panas membuat enzim tersebut terperangkap didalamnya. “Jadi aroma sere dan kecombrang yang terpancar dari masakan ini,” tutupnya. (asp)


TOPIK BERITA TERKAIT: #seafood-bambu&nbsp#makan-makan&nbsp
Sumber: Google News | Beri ta 24 Sulut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »