Kirim Berita Sulut: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulut: Klik Disini

Berita 24 Sulawesi Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sulawesi Utara Siap Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan ...

Posted by On 23.47

Sulawesi Utara Siap Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan ...

Sulawesi Utara Siap Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella

Sulawesi Utara siap menggelar Kampanye Imunisasi Measles dan Rubella (MR) pada Agustus hingga September 2018.

Sulawesi Utara Siap Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan RubellaIstSulawesi Utara Siap Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sulawesi Utara siap menggelar Kampanye Imunisasi Measles dan Rubella (MR) pada Agustus hingga September 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sulawesi Utara, dr Debie Kalalo MSc PH menjelaskan, kampanye ini digelar serentak di 28 provinsi. Sebelumnya, kampanye itu sukses digelar di enam provinsi di Pulau Jawa tahun lalu yang menyasar 32 jutaan anak.

“Sasarannya ialah bayi, anak-anak hingga remaja. Bayi usia sembilan bulan hingga anak usia 15 tahun yang belum diimunisasi MR,” ujar Kalalo dalam rilis ke Tribun Manado, Senin (23/7).

Sedikitnya 591.775 anak di 15 kabupaten kota di daerah ini jadi sasaran vaksinasi Campak dan Rubella. Daerah-daerah yang jadi fokus perhatian ialah perbatasan dan kepulauan karena terbatasnya akses transportasi dan komunikasi.

Ia memastikan seluruh jajaran kesehatan dibantu organisasi lintas sektor siap menyukseskan program nasional yang menyasar 32 juta anak. Menurutnya, semua dengan rentang usia 9 bulan hingga 15 tahun wajib diimunisasi MR pada Agustus dan September tanpa terkecuali. “Target kita bisa 100 persen,” katanya.

Pemerintah Indonesia berkomitmen mengentaskan Campak dan Rubella pada tahun 2020. Sebelumnya Indonesia sukses mengeliminasi Polion, Cacar dan Tetanis berkat beberapa kali Pe kan Imunisasi Nasional (PIN).

Pemerintah telah menetapkan target capaian nasional 95 persen dengan ketentuan tidak ada daerah yang berada di bawah angka capaian 80 persen untuk memastikan keberhasilan kampanye ini.

Kata Kalalo, pemerintah ingin membentuk kekebalan komunitas atau populasi terhadap Campak dan Rubella. “Hanya dengan cakupan imunisasi diatas 95 persen mata rantai penularan penyakit Campak dan Rubella ini bisa diputus,” ujarnya..

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dinkesda Sulut, dr Rima Lolong, Mkes mengatakan pemberian imunisasi merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi hak anak Indonesia di dalam mencapai status kesehatan setinggi-tingginya.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Kesehatan telah turun langsung ke seluruh kabupaten kota untuk melakukan advokasi dan sosialisasi Kampanye MR.

“Tugas kami memastikan seluruh persiapan agar setiap anak mendapatkan imunisasi MR,” kata Lolong.

Penyakit Rubella terkadang tidak menunjukkan tanda tanda signifikan atau jelas pada anak. Akan tetapi, jika dilakukan pencegahan sejak dini dapat menghindarkan anak dari kebutaan, kepala kecil, katarak hingga gangguan pendengaran.

Sementara itu, untuk campak jika tidak dilakukan pencegahan sejak awal dapat menyebabkan anak terkena radang paru, radang otak, kebutaan hingga gizi buruk.

Imunisasi merupakan upaya pencegahan yang telah terbukti efektif dari sisi manfaat dan biaya dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian serta kecacatan pada bayi dan balita akibat penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan imunisasi.

Penulis: Fernando_Lumowa Editor: Siti Nurjanah Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Dapat Bisikan, Keluarga Bongkar Makam Pria di NTB, Warga Berkerumun Ingin Menyaksikan Kebenarannya Sumber: Berita Sulawesi Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »